Teknologi Penentu Harga HP

Harga HP ditentukan oleh teknologi. Dan Teknologi terus berkembang. Mengapa teknologi hp terus berkembang dan terus menambahkan fitur baru? Karena menurut para produsennya, itulah yang orang butuh. Karena orang tak pernah puas. Itulah yang dimanfaatkan oleh para produsen. Tapi siapa sebetulnya yang tak pernah puas? Bila Anda seperti saya, yang hanya pakai hp untuk telpon, sms, chatting, internet dalam keadaan “darurat”, pesan taksi online, pesan makanan online, Anda sebetulnya tidak perlu mengikuti dan membayar harga hp lebih mahal.

Jaringan / Network hp penentu harga HP

Fitur jaringan pada hp mengikuti teknologi jaringan yang terus diupayakan lebih cepat. Dari 2G, CDMA, 3G, Evdo dan sekarang LTE atau orang menyebutnya juga dengan 4G. Fitur ini salah satu fitur yang wajib dipertimbangkan dalam membeli hp baru. Mau atau tidak mau. Mengapa? Karena penyedia koneksi internet itu ‘kompak’. Mereka cenderung bersama-sama akan pindah dari teknologi lama ke baru. Produsen HP harus mengikuti teknologi ini, dan Anda juga.

Layar  sebagai penentu harga hp

Layar hp adalah salah satu penentu utama harga hp;

Teknologi yang dipakai. IPS LCD lebih murah dari Amoled. Keunggulan Amoled adalah kedalaman warna dari hitam murni sampai putih murni. Pada IPS LCD, warna hitam tidak persis hitam dan putih tidak pernah persis putih. Pada tampilan akhir, IPS LCD dan Amoled tidak berbeda banyak, kecuali Anda begitu menyukai melihat gambar dan video dari hp sehingga perbedaan kecil itu menjadi terasa. Keunggulan yang lain dari amoled adalah konsumsi daya yang lebih irit. Ini akan berpengaruh pada hp yang spesifikasi lainnya sudah mengkonsumsi daya yang besar.

Jumlah warna

Jumlah warna sebetulnya sudah tidak signifikan mempengaruhi harga. Baik hp murah maupun mahal sekarang menggunakan 16M warna. Sekedar tahu saja, Color 16M artinya layar hp dapat membuat 16 juta kombinasi dari warna merah, hijau dan biru yang berbeda (yang sebagian tak bisa dibedakan oleh mata manusia).

Anti gores.

Spesifikasi ini penting, kecuali bila Anda pemakai hp yang super hati-hati dan bisa menangani hp dengan penuh kelembutan. Untuk spesifikasi anti gores, ada gorilla glass 3, 4 atau 5. Sementara kemampuan anti goresnya cenderung sama, yang membedakannya adalah daya tahan kalau dijatuhkan. Bikin layar pecah atau tidak. Gorilla 3 dan 4 dapat mencegah pecah kalau HP dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, sementara gorilla glass 4 bisa sampai 1,5 meter. Lalu berapa ketinggian umumnya HP jatuh? dari kantong celana? tak akan lebih dari 1 meter.

Single SIM vs Dual SIM hp

Banyak operator seluler dan saling bersaing. Satu lebih murah di paket data, satu lagi lebih murah di biaya panggilan. Itu bisa dimanfaatkan oleh pengguna hp. Pilih 2 operator, satu untuk panggilan, satu untuk paket data. Untuk itu fitur dual SIM sangat bermanfaat.

Chipset

Bicara masalah chipset, orang banyak bingung perbedaan antara  chipset, SoC, CPU, GPU. Banyak sekali istilah yang satu sama lain sering dipertukarkan. Yang dimaksud chipset itu sebetulnya sama sama dengan SoC (system of chips). Pada komputer, ini bisa disamakan dengan motherboard. Didalamnya ada CPU, ada GPU dan berbagai komponen lain. Contoh chipset: Kirin, snapdragon, exynos dan lain-lain. Merk-merk itu masing-masing punya berbagai nomor seri produk. Snapdragon, misalnya ada Snap dragon 430, Snapdragon 650, Snapdragon 808 dan lain-lain.

Lalu apa yang dimaksud dengan CPU dan GPU? kedua komponen tersebut sudah ada dalan chipset. Jadi kalau menyebut sebuah chipset, itu sebetulnya sudah sekaligus menyebut CPU dan GPU nya. CPU adalah pemrosesan pusat sedang GPU adalah pemrosesan khusus grafik. Untuk menilai sebuah chipset canggih atau tidak membutuhkan penilaian berbagai faktor seperti frekuensi clock, jumlah core CPU, kemampuan GPU dan sebagainya. Sebagai rujukan mudah, gambar berikut adalah daftar dari berbagai chipset dengan score yang menggambarkan kinerjanya. Makin tinggi makin baik dinilai dari banyak faktor.

Hp kelas sekitar 2 jutaan biasanya menggunakan chipset sekelas snap dragon 650 sedang hp mahal seperti menggunakan chipset berkisar di kelas Snapdragon 821 atau lebih.

RAM

RAM atau random access memory adalah tempat penyimpanan sementara, yang digunakan untuk menyimpan data sewaktu hp malakukan suatu proses. RAM ini penting. Makin besar RAM, makin besar pula kemampuan sebuah hp untuk melakukan proses yang berat. Umumnya RAM hp sekarang sudah 2 GB untuk hp yang tergolong murah dan 3GB keatas untuk hp tergolong mahal.

Batere

Beda dengan hp jadul yang bisa bertahan tanpa di cas sampai 2 minggu, hp jaman now harus lebih sering dicas. Ini kelemahan hp jaman now, terutama yang bersistem operasi android. Itu makanya penting untuk mempertimbangkan hp dengan batere yang kuat. Untuk hp android, bertahan 2 hari tanpa dicas dengan pemanakain normal itu sudah bagus. Cara pilihnya? lihat ukuran mAH (milli ampere hour). Makin tinggi makin bagus.

Lalu pilih hp yang mana?

Kalau Anda mau pakai hp untuk pekerjaan yang berat, ingin pemrosesan cepat, ingin lihat video gambar paling jernih sekelas super amoled, tentu pilihannya adalah hp sekelas Samsung seri S terbaru. Tapi untuk pemakaian hp yang seperti pada umumnya orang pakai hp, bisa internetan, facebook, whatsapp dan berbagai aplikasi standar lainnya, bisa melihat gambar dan video sekedarnya (siapa juga yang mau lama-lama menonton video di layar yang mungil?) hp dengan chipset sekelas kisaran snapdragon 650 dengan RAM 2 GB saja sudah cukup. Tinggal pilihan ukuran layar dan kekuatan battere yang bervariasi dari hp satu ke hp lain dalam satu kelas.

Leave a Reply