Memilih spesifikasi laptop sesuai kebutuhan

Spesifikasi laptop banyak ragamnya. Kombinasi dari jenis prosesor, RAM, ukuran layar, jenis layar, kekuatan batere, material dan fitur-fitur tambaha. Untuk memilih spesifikasi yang sesuai, acuannya tentu adalah kebutuhan Anda. Untuk apa laptop digunakan? kapan? dimana? Berikut beberapa tips untuk Anda memilih spesifisikasi laptop agar pas dengan kebutuhan, tidak berlebihan tetapi juga tak kurang dari seharusnya.

Memilih spesifikasi laptop dari prosesor

Prosesor laptop tahun 2018 berkisar pada (dari spek terendah sampai tertinggi) intel celeron, core i3, core i5 dan AMD Ryzen 5, core i7, Xeon.  Pemilihan prosesor lebih banyak tergantung dari jenis pekerjaan yang Anda lakukan:

  • Untuk pekerjaan pembuatan animasi 3 dimensi atau pekerjaan engineering dengan simulasi yang kompleks: Xeon
  • Untuk pekerjaan grafis secara intensif seperti edit video, untuk game berat, CAD: i7
  • Untuk pekerjaan kantor yang umum seperti pengolahan kata, pengolahan data yang kompleks, browsing secara intensif (sampai perlu membuka banyak tab sekaligus): i3. Bila ditambah dengan  pekerjaan grafis yang intensif: i5 atau AMD Ryzen.
  • Untuk pekerjaan yang lebih fokus pada penggunaan MS Office yang tidak kompleks seperti MS word, MS-Excel tanpa memerlukan pemrograman makro yang panjang dan browsing yang tak intensif :  celeron, atom.

Prosesor laptop biasanya menjadi semacam jangkar untuk harga laptop. Spesifikasi lainnya mengikuti. Sebagai acuan dasar, laptop dengan prosesor core i3 ada pada kisaran 5 jutaan. Dibawahnya Anda bisa dapatkan celeron. Diatas 7 juta Anda bisa mendapatkan laptop dengan prosesor core i7.

Memilih spesifikasi laptop: Ukuran Monitor

Ukuran monitor yang nyaman adalah 14 – 17 inch. Tidak terlalu kecil sehingga pengguna harus terlalu dekat dengan monitor tapi tidak juga terlalu besar segingga Anda harus menggeleng-gelengkan kepala untuk membaca rentetan text di layar. Tetapi tentu itu ukuran layar yang ideal dan harus dikompromikan sesuai kebutuhan.

  • Untuk pekerjaan dilakukan di lokasi yang tetap. Ukuran 14 inch keatas
  • Untuk pekerjaan yang dilakukan berpindah-pindah. Misalnya Anda harus sering mengunjungi client dan bekerja di lokasi client Anda, Anda memerlukan ukuran yang cukup nyaman tapi dapat mendukung mobilitas: 12,5 – 14 inch
  • Untuk pekerjaan yang dilakukan sekali-sekali, Anda bisa memilih ukuran yang lebih kecil, yang tak perlu terlalu fokus pada kenyamanan karena dilakukan dalam waktu yang tak lama: 11 – 12,5 inch.

Memilih spesifikasi laptop: Kapasitas Batere

Kapasitas batere juga sangat tergantung dimana Anda melakukan pekerjaan. Tetapi bukan seperti pertimbangan pemilihan layar, kapasitas batere seharusnya dipertimbangkan dari: Apakah lokasi-lokasi dimana Anda sering melakukan pekerjaan sulit mendapatkan soket listrik.

Untuk penggunaan yang lebih sering di tempat yang tak tersedia listrik seperti di proyek, atau Anda sering menggunakan di perjalanan yang panjang, batere dengan kapasitas 6 jam atau lebih diperlukan.

Untuk penggunaan yang selalu dilokasi dimana tersedia aliran listrik, kapasitas batere tak perlu terlalu dipertimbangkan. Batere untuk penggunaan semacam ini diperlukan hanya sekali sekali sebagai cadangan bila aliran listrik terputus.

Memilih jenis dan kapasitas penyimpanan

Ada 2 jenis media penyimpanan yang bisa dipilih: hard disk yang masih menggunakan gerakan mekanik dan SSD (solid state drive), bentuk penyimpanan sejenis yang digunakan untuk smartphone. SSD tentu lebih baik karena dapat meningkatkan kinerja laptop. Tentu dengan kompensasi harga lebih mahal.

Untuk kapasitas penyimpanan tergantung dari file apa yang akan disimpan. Bila banyak menyimpan video, 500 GB akan penuh dengan cepat tetapi untuk pekerjaan kantor secara umum, 350 GB sudah sangat cukup.

Pertimbangan lain dalam memilih laptop

Memilih spesifikasi RAM

RAM minimal 4GB. Dan Laptop kelas terbawahpun sekarang sudah memiliki RAM 4GB. Untuk penggunaan yang intensif berurusan dengan grafik RAM 8 GB ke atas diperlukan.

Memilih spesfikasi laptop dari material

Material laptop paling murah biasanya plastik. Yang lebih mahal adalah allumunium, magnesium alloy dan carbon fiber. Carbon fiber sebetulnya adalah plastik juga, tetapi dipadukan untuk karbon sintetis yang membuatnya lebih kuat sekaligus lebih enak dilihat.

Memilih Sistem Operasi

Untuk kompatibilas tak perlu diragukan: Windows. Bila mau yang murah: Chrome. Tetapi ingat bahwa sistem operasi chrome selalu membutuhkan koneksi internet.

Memilih Merk

Kalau dilihat dari ranking merk yang terbaik dari tahun ketahun oleh PCmag, 5 merk yang hampir selalu masuk 5 besari: Dell, HP, Lenovo, Apple, Acer. Itu dari penilaian seluruh produk yang dikeluarkan.

 

 

Leave a Reply